Thursday, April 16, 2009

Prasasti Pande Kesian "Pendahuluan"

Ini merupakan salinan prasasti Pura Pande di Banjar Kesian Desa Lebih Kecamatan Gianyar, dimana saya hadir langsung pada saat ngwacen prasasti itu yaitu pada tahun 2000 lalu. Kemudian saya akhirnya mendapatkan salinan prasati ini sudah dalam bentuk buku/diktat. Buku ini disusun oleh I Ketut Sujana, S.Ag bersama Drs. Made Surada. Buku ini tidak memuat halaman-halaman prasasti, sebagaimana salinan lontar dari Pusdok, tetapi berbentuk narasi sebagaimana sebuah buku pada umumnya.

Tak lupa saya sampaikan bahwa Prasasti/Babad/Babancangah atau apapun namanya tidak boleh dijadikan sebagai satu satunya acuan sejarah, sikap dan tingkah laku dalam masyarakat, karena babad biasanya sangat bersifat subyektif. Perlu dicarikan pembanding dengan sumber lain, sehingga tercipta keseimbangan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam setiap posting saya akan post-kan beberapa alenia saja, sebagaimana salinan babad yang lain. Masih dalam beberapa waktu kedepan, akan diposting salinan prasasti yang berbahasa jawa kuno. Mungkin beberapa bulan kedepan baru akan diposting rangkuman yang berbahasa Indonesia.

Semoga anda semakin banyak kasanah, semakin yakin dengan “kepandeannya”, ingatlah selalu berbuat baik, karena itulah yang menentukan martabat anda, kalau anda ingin dikatakan berasal dari keturunan orang hebat, maka jadikanlah diri anda orang yang hebat. Kita dinilai pada masa sekarang bukan pada masa lalu. Dulu orang Yunani dan Romawi yang hebat, sekarang orang Jepang dan Amerika yang hebat.

OM TAT SAT

Prasasti Pande Kesian bersambung . . . . .

No comments:

Post a Comment