Monday, January 26, 2009

Sundari Bungkah "Pendahuluan"

PENDAHULUAN

Sundari Bungkah adalah salah satu kitab yang wajib dipelajari oleh warga Pande. Lontar Sundari Bungkah banyak ditemukan di Pura-Pura Pande, terutama Pande besi. Beberapa tokoh Pande memperkirakan Lontar Sundari Bungkah adalah hasil turunan dari Mpu Bradah, sehingga tokoh Mpu Pradah dalam Sundari Bungkah banyak dianggap sebagai Mpu Bradah.
Para tokoh Pande memperkirakan, Lontar Sundari Bungkah diturunkan setelah Mpu Bradah berhasil mengalahkan Calonarang, dengan bantuan anaknya Mpu Bahula. Keberhasilan ini rupanya menginspirasikan leluhur Pande untuk belajar kepada Mpu Bradah, yang tidak lain masih dalam hitungan saudara,
Masih menurut perkiraan tokoh-tokoh Pande, sejak saat itu warga Pande dikatakan memiliki ilmu anti desti/leak. Pande dikatagorikan sebagai ”manusia berdarah panas”, sehingga hal-hal yang bersifat black magic dikatakan takut mendekati Pande. Tentu saja hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut.
Sundari Bungkah terdiri dari 41 halaman, stiap halaman terbagi dalam a dan b. Untuk setiap posting akan dimuat 3 halaman.
Bagi pembaca yang mempunyai kemampuan menterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, dipersilakan untuk langsung menterjemahkan ke dalam comment.

No comments:

Post a Comment